Apakah ArangMedia yang Efektif untuk Detoks Tubuh?

Home / Kesehatan / Apakah ArangMedia yang Efektif untuk Detoks Tubuh?

Jakarta, Kesanggupan bubuk karbon aktif (activated charcoal) meresap racun membuatnya kerap diaplikasikan untuk obat. Tetapi baru-baru ini banyak juga suplemen bermunculan yang berbahan arang.

Suplemen ini banyak sebab popularitas detoksifikasi atau detoks memakai bubuk arang aktif mulai digemari. Teorinya arang dapat dikonsumsi tiap-tiap hari sebagai suplemen untuk meresap sisa-sisa zat membahayakan seperti pestisida atau bahan kimia lain dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

\\\”Ada juga penjual arang aktif yang dapat Anda beli online menjanjikan dapat mengobati gas dan sebagian orang menerapkannya untuk memutihkan gigi. Sayang, kenyataannya, tak sesimpel itu,\\\” ujar spesialis, editor, dan konsultan gizi Cynthia Sass dalam artikelnya di Health dan dikutip dari bermacam sumber pada Senin (10/8/2015).

Baca juga: Dievaluasi Berkhasiat untuk Kesehatan, Arang malah Dibikin Jus

Cynthia mengatakan ada sebagian hal yang perlu dilihat seseorang apabila mau memakai bubuk arang aktif sebagai suplemen sehari-hari.

Pertama ialah arang tidak dapat membedakan zat membahayakan dalam tubuh. Artinya tidak cuma racun yang diresapi dan dibuang oleh arang melainkan juga dapat gizi, vitamin B serta C, atau malah obat sehingga menghilangkan efeknya.

\\\”Jadi mengkonsumsi arang yang dicampur jus, umpamanya, pun dapat membikin kurang sehat. Hal yang paling penting untuk diingat perihal detoksifikasi ialah tubuh telah punya hati, ginjal, jantung, dan organ pencernaan lainnya yang punya fungsi itu,\\\” kata Cynthia.

Kedua pengaplikasian bubuk arang aktif dalam penelitian dikenal dapat memicu rasa mual dan muntah-muntah. Arang dapat memperlambat pencernaan sehingga ada risiko konstipasi dan satu laporan dari George Washington University mencurigai konsumsi rutin arang membikin seorang pasien mengalami inflamasi usus.

“Sebab bubuk arang aktif tak rutin diaplikasikan, belum ada penelitian yang mengamati efek bentang panjangnya, keamanannya, secara khusus lagi berapa dosis amannya,\\\”

\\\”Intinya¬† aktif karbon ini telah lama diaplikasikan ilmu medis untuk kondisi darurat dan sebagian dokter mungkin menganjurkannya untuk mengurangi efek samping kemoterapi atau dialisis bentang panjang. Akan melainkan butuh lebih banyak riset lagi dan berdasarkan aku terlalu dini untuk memakai arang sebagai obat rumahan atau suplemen,\\\” pungkas Cynthia.

Sumber: jasa epoxy lantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *